Sunday 3 January 2016

Tutorial Instalasi CMS Popoji

Hallo Fans, Nuenomaru disini .-.
awkakw,, bsk dah mulai msk sekolah, jadi sempetin dlu deh post diakhir liburan akwakwkak.
Oke, Sobat.. Ini adalah tutorial pertama yang membahas tentang CMS Popoji.Mungkin dari Sobat sekalian masih ada yang belum mengenal CMS ini. Maka dari itu saya akan memperkenalkan CMS ini terlebih dahulu. *gak kenal maka tak sayang :v

CMS Popoji adalah salah satu CMS buatan dalam negeri yang default penggunaanya untuk keperluan bloging. Popoji juga adalah CMS semi OOP yang cukup fleksibel untuk kita jadikan bahan latihan. Karena cukup fleksibel maka CMS ini bisa di kembangkan untuk kebutuhan lainnya seperti toko online, website sekolah dan sebagainya.

Dokumentasi tentang CMS ini mungkin belum sebanyak CMS terkenal seperti WordPress maupun Joomla. Namun bukan berarti CMS ini tidak powerful. Struktur kode pada CMS Popoji masih sederhana sehingga kita yang baru belajar pemograman akan dengan mudah memahami bagaimana sebuah sistem CMS bekerja. Tentunya menjadikan bahan latihan yang pas untuk pemula dibandingkan CMS lain yang sudah rumit struktur kodenya.

Pada tutorial kali ini saya akan mengajak Anda untuk menginstal CMS popoji. Diharapkan setelah Anda bisa mempraktikan dengan lancar apa yang di bahas pada penjelasan ini, Anda akan bisa menerapkan pada sistem lain yang mungkin jauh lebih kompleks.

Penjelasan ini meliputi pembahasan fitur-fitur tambahan yang akan diterapkan pada CMS Popoji. Saya akan memandu Anda mulai dari tahap instalasi sampai penerapan fitur yang paling menarik. Yuk kita bersenang-senang menikmati indahnya membuat website dengan CMS Popoji. :)

Versi CMS Popoji yang saya gunakan adalah versi 1.3.0. Anda dapat menngunduhnya langsung pada website www.popojicms.org.

Cara menginstall PopojiCMS hampir sama dengan CMS lainnya. kalau Anda sudah familiar dengan berbagai CMS sebelumnya maka tidaklah sulit untuk melakukan penginstallan ini. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah penginstallan berikut

Play with me Baby ;*

Pertama-tama buat sebuah folder baru dengan nama popoji pada direktori htdocs


bukak xampp control, lalu start Apache dan MySQL *sampai berwarna hijau

Silahkan copy file zip popojicms.v.1.3.0  ke folder popoji di htdocs, setelah  itu klik kanan file lalu pilih ekstrak here. Lalu akan keluar folder hasil ekstrak.
terdapat  file-file utama dari CMS popoji, sekarang kita beralih untuk pembuatan database baru.

Persiapkan database baru yang nantinya akan diisi dalam proses penginstallan. Untuk pembuatan database buka browser lalu ketik pada bagian address bar localhost/phpmyadmin. Setelah terbuka halaman phpmyadmin, klik tab Basis  data, perhatikan gambar berikut:


Setelah itu akan keluar form pengisian database baru, silahkan isi formnya seperti gambar berikut:

Setelah diisi klik tombol buat. Jika berhasil maka database akan muncul dalam daftar dibawahnya.


Selanjutnya buka tab baru di browser Anda dan masukkan http://localhost/popoji lalu tekan enter. Akan muncul tampilan berikut:


Klik tombol Mulai Proses Penginstalan untuk memulai proses penginstallan. Akan keluar halaman Patch Check sebagai berikut:


Patch akan secara otomatis terbentuk. Disini silahkan Anda pastikan apakah site URL dan directory Root sudah sesuai dengan lokasi file instalasi popoji di localhost. Jika Paths Check untuk Site URL dan Directory root sudah benar maka tekan tombol Next untuk melanjutkan.




Pada langkah selanjutnya Anda diminta untuk mengisikan informasi mengenai koneksi ke database. Silahkan masukkan data-data dengan lengkap dan benar, yang paling penting disini adalah :

SQL file (jika tertulis found, maka jangan diubah biarkan saja begitu),

Database host name (nama host dari mysql, isi dengan localhost),

Database name (nama database yang dibuat pada langkah ke-2 tadi, yaitu popoji),

Database user (nama database user mysql, isi dengan root),

Database password (password database mysql, karena kita pakai xammp, maka kosongkan saja),

Selebihnya Anda biarkan kosong saja, kecuali jika hosting Anda memerlukan “database host port number” maka isilah kolom tersebut.

Jika inputannya sudah benar maka tekan tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika tidak terdapat error maka Anda akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini.


Tetapi jika terdapat error maka pengaturan yang diinputkan tadi data-datanya belum benar. Silahkan memperbaikinya dan setelah itu tekan tombol NEXT kembali.

Silahkan melengkapi data isian untuk Configuration, mulai dari Site Title, Site Description, Site e-mail, Site Username dan Site Password (harus lebih dari 6 karakter), kemudian tekan tombol next untuk melanjutkan.



Jika melihat tulisan “Proses penginstalan sudah selesai.” maka tekan tombol FINISH untuk mengakhiri proses penginstallan.



Kemudian Anda akan melihat pesan “Anda telah berhasil menginstall PopojiCMS silahkan remove ‘po-install’ directory”, silahkan untuk menghapus folder po-install yang ada pada direktori web PopojiCMS Anda, untuk bisa menggunakan PopojiCMS yg telah diinstall tadi.


Setelah folder po-install dihapus silahkan melakukan refresh pada halaman tadi atau bisa mengetikan alamat seperti pada langkah ke-3 tadi, maka PopojiCMS siap untuk digunakan.


Berikut adalah tampilan default dari CMS Popoji.

Tampilan full: http://www.codepolitan.com/wp-content/uploads/2015/12/13-262x700.png

ntuk masuk ke admin silahkan menambahkan po-admin pada akhir URL, contoh http://localhost/popojicms/po-admin, kemudian Anda akan menjumpai tampilan seperti ini :


Pertama Masukan Username sesuai dengan yang Anda inputkan di langkah ke-7 tadi untuk login. Jika username benar, maka secara otomatis akan muncul field password. Yup, masukan password sesuai yang Anda inputkan pada langkah ke-tujuh. Berikut tampilan setelah berhasil login.

Done

Mudah kan? Stay Cool and Keep ./Crotz [Image: bacol.gif]

:'3 untuk kamu Wanita yang paling aku Sayangi: I Love My Vanessa Kho
Selamat Natal & Tahun Baru van, jaga kesehatan yak disana :'D  *btw itu bukan Live target di tutorial ini yak awkakw

bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Happy Web Design 

Sekian & Semoga bermanfaat kakz


Source and Thanks to: CodePolitan ;



Nuenomaru












Visit and follow :


FP         : TKJ Cyber Art
G+         TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2

5 comments

Mantap gan, tp lbh mantap klo udh nemu bugnya :v

Mantap gan, tp lbh mantap klo udh nemu bugnya :v

awkakwkwaka ,, penasaran kan o.O ?
makannya stay terus ya kak awkakwka :v xixixhi
btw tengkyu komeng nya awkakw

Nuenomaru

Gan klo cara patch cms popoji gmn ane dpt bug di cms popoji trus pengen ane patch gmn ya caranya

tinggal tutup aja Dir yang terdapat Bug pada web bang :D

#nuenomaru


EmoticonEmoticon